Lo orang ke-segini

Selasa, 14 Juli 2015

Gue dan Kopi

Yow! Kembali lagi sama gue. Ga usah pake perkenalan biar cepet, hahaha. Gue baru aja direkomendasiin sebuah tulisan sama mantan gue, yaaa…. bisa dibilang mini novel, bergenre drama romance gitu, sebenernya gue males baca semua tulisan yang bergenre ini mengingat tiap kali gue baca tulisan bergenre drama romance selalu bikin gue kesel, kaya nonton ftv aja gitu, just too good too be true aja… tapi tetep, gue selalu aja baca sampe tamat, penasaran men. Berhubung gue lagi gabut, akhirnya gue baca juga.

Ditengah-tengah gue baca, gue kepikiran buat bikin kopi, kombo yang cakep banget menurut gue, pokoknya semua kegiatan iseng kalo sambil ngopi itu rasanya beda. Kopi gue udah jadi, sambil nunggu ampas yang di atas turun, gue lanjutin baca, sengaja gue tambah lagu-lagu melankolis dari playlist gue buat memperkuat suasana, gue berasa sukses jadi anak drama.


Pas sruputan pertama, gue inget sesuatu. Gila, ini kopi pertama gue di bulan puasa. Di hari-hari normal, ngopi itu kegiatan sehari-hari gue, minimal segelas sehari, dan semejak bulan puasa gue baru kali ini nikmatin segelas kopi buatan gue. Akhir-akhir ini gue disibukin sama kegiatan kampus yang nuntut gue buat harus ada di kampus pagi, pake banget dan hal ini ngubah gue yang tadinya se-ekor kalong menjadi manusia normal, gue mau ga mau harus udah tidur jam 10 malem, supaya gue ga tidur lagi abis makan sahur. Gue sampe lupa rasanya kopi bikinan gue sendiri, gue lupa wanginya bubuk kopi ketika bertemu dengan air panas, gue lupa bunyi sendok yang beradu sama gelas ketika ngaduk kopi, gue lupa rasanya diucapin “jangan tidur malem-malem” ehh… kelepasan, malah curhat kan.

Gue sama kopi itu udah sahabatan dari dulu, mulai dari dia punya efek bikin gue melek tiap minum sampe ga ngefek apa-apa ke gue, sekalipun gue minum espresso, akan tetapi gue lupa bagaimana kita bertemu sampe bisa akhirnya kami diibaratkan motor tanpa bensin. Dan gue punya spot favorit buat ngopi di rumah, tepatnya di balkon belakang kamar gue, suasana, viewnya, selalu bikin gue kangen buat ngopi di rumah. Di keluarga gue, cuma nyokap sama gue doang yang ngopi, itu pun dia kalo lagi pengen doang, malahan bokap gue yang mantan perokok aja belom pernah gue liat dia minum kopi segelas pun selama gue hidup.

Spot favorit gue buat ngopi

Sebelomnya gue lebih prefer ke kopi instan, tapi beberapa tahun belakangan ini, gue lebih sering nikmatin kopi handmade gue sendiri. Gue bosen sama kopi instan yang rasanya sama aja dari hari ke hari, ya jelas ga bakalan beda karena itu udah takaran dari pabrikannya. Beda sama kopi bikinan gue, perbandingan antara kopi, gula sama air panasnya beda, asal aja gue ngoplosnya, kadang ke manisan, kadang ke paitan, kadang encer, kadang kentel, yang lebih parah… gue kadang lupa masukin bubuk kopinya.

Dan semenjak coffee shop menjamur, baru lah gue ngejajal kopi tradisional khas tiap-tiap daerah di Indonesia. Berhubung kadang bokap gue pergi dinas ke luar Jakarta, gue sering nitip buat beliin kopi khas daerah di mana bokap gue dinas, abisnya gue bosen tiap dia pergi dinas gitu oleh-olehnya kaos yang tulisannya sama, I love nama daerah, I love nama daerah, serius, isi lemari gue udah penuh sama kaos gituan. Dan kadang nih, kalo gue lagi hoki ada aja rekanan bokap gue yang ngirim kopi khas daerah sana, mungkin karena bokap gue keseringan nanyain ke rekan dia tiap dia mau beli oleh-oleh buat gue.

So far, kopi yang paling cocok buat gue

Meskipun gue termasuk penikmat kopi, gue bukan seorang penikmat kopi yang addict banget, yang bisa bedain rasa kopi daerah sini, kopi daerah sana, pooknya coffee freak gitu deh. Biar kata gue udah nyobain kopi khas beberapa daerah di Indonesia palingan cuma beda di tingkat keasaman sama kekentelan doang, udah itu doang yang gue bisa rasain. Gue ga pernah permasalahin juga kentel enggaknya, kemanisan atau engga, yang gue tau yaaa… itu kopi, dan kopi itu enak. Karena kopi itu buat gue nikmatin rasanya, bukan buat gue rasa-rasain nikmatnya… sedap.


Yap! Segitu aja cerita gue sama kopi, kalo lo punya cerita tersendiri bisa share juga. See you~


*note: "Jatuh cinta itu ibarat suka sama kopi, yaa... gue ga punya alesan khusus kenapa gue suka sama kopi, suka aja"

6 komentar:

  1. Tuhkan, ujung-ujungnya curhat juga *di-note
    Kalo aku minum kopi sih, dari dulu pertama ngopi sih, gak pernah ngefek apa-apa. Entahlah, aku juga heran pada mereka yang masih tidak bisa tidur gara2 kopi. mungkin aku yang terlalu kebal kali ya... :)
    Kopi bagiku sih, biasanya teman kalo aku lagi stess dan biasanya jadi sumber inspirasi kalo mau buat puisi. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...
      Yap! Kopi juga bisa nambah produktifitas buat nulis

      Hapus
  2. Merk kopinya sama dengan nama panggilan anak saya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila ada kesamaan cerita, nama seseorang, nama tempat dan merk dagang, semua hanya kebetulan...

      hehe

      Hapus
  3. Wuih.. penikmat kopi juga? Hahaha
    Kalo gue:
    Eat
    Design
    Lot of coffe

    :)
    Salam kenal kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma sekedar penikmat om hehe
      salam kenal juga :D

      Hapus