Lo orang ke-segini

Senin, 29 Juni 2015

Dua Sisi Satu Cerita

Kemarin, gue berangkat ke kampus. Ga kaya biasanya, gue mau nyobain lewat jalur baru, tapi engga baru juga sih, gue udah biasa lewat jalur situ tiap balik dari kampus meskipun ga terlalu sering, cuma pas lagi bosen aja lewat jalur biasa, intinya gue belom pernah lewat sana kalo gue mau ke kampus.

Awalnya mah biasa aja, tapi pas udah lewat beberapa meter, gue jadi ngerasa asing sama tempat itu, bener-bener kaya gue engga pernah lewat jalan itu sebelomnya, malahan gue sempet salah belok meskipun ujung-ujungnya nembus ke jalan yang bener. Selama perjalanan gue mikir “bener nih lewat sini?” ya aneh aja gitu, padahal gue apal banget daerah itu… tapi giliran gue berangkat ngampus lewat jalur itu, gue bener-bener dibikin kaya ayu ting-ting, ke sana ke mari mencari alamat. Hasilnya, selama perjalanan gue laju motor gue pelan, pake banget, sambil nengok kanan-kiri kebingungan. Kejadian ini bener-bener fresh di otak gue, dan akhirnya bikin gue inget akan sesuatu.

********************

Dulu banget, gue pacaran sama mantan gue yang pertama sekitar 1-2 bulan, gue bener-bener lupa berapa lama percisnya. Gue putusin dia karena beberapa hal bodoh, yang pertama karena gue masih keingetan sama mona, dan yang kedua karena gue ga ngerasa ada “konektifitas” sama dia. Dan pas waktu itu gue anggep kalo itu cuma hal “sepele” buat gue.

Setelah bertahun-tahun kemudian gue ga sengaja liat status WA dia, di situ tertulis alamat blognya dia. Gue baru tau kalo ternyata dia blogging juga dan gue putusin buat mampir ke bloggnya dia. Gue baca postingan dia dari awal banget, di situ banyak cerita tentang dia sama mantannya, dari awal pacaran, pas pacaran sampe pas putus juga ada, dan waktu itu gue yakin kalo ada postingan tentang gue, gue lanjut baca, gue pengen tau apa yang orang lain liat dari gue.


Sampai akhirnya gue nemu postingan tentang gue, gue baca pelan-pelan, kata demi kata, huruf demi huruf, spasi demi spasi daaaan…. Gila. Untuk pertama kalinya gue ngeliat diri gue sendiri dari sisi orang lain dan ternyata gue itu engga percis banget sama apa yang gue kira selama ini. Di postingan itu tertulis kalo ternyata selama ini dia tau kenapa gue mutusin dia, gimana gue berubah, gimana gue ngecewain dia dan parahnya, gue ngerasa kaya… yap gue ngelakuin itu semua.

Ini engga kaya apa yang gue liat dari diri gue sendiri, dan jujur… gue ga nyangka kalo gue bisa kaya gitu meskipun emang yang dia tulis tentang gue di sana itu bener adanya gue lakuin. Selama ini, gue beranggepan kalo gue itu orang yang paling sering dikecewain dalam hal percintaan, tapi ternyata secara ga sadar, gue adalah orang yang ngecewain orang lain dalam dunia percintaan itu sendiri. Big thanks for that, akhirnya gue tau kalo selama ini gue salah dalam hal menilai diri gue sendiri.

Pas SMA, gue sekelas sama seorang cewek yang menurut penilaian orang-orang dia itu… yap, “nakal”. Awal kenal juga gue nilai kalo dia itu “nakal”, gue terlalu sering denger cerita kalo dia itu “begini”, dia itu “begitu” sampai akhirnya kita kenal deket, sering ngumpul bareng lah, dan ternyata dia itu ga kaya apa yang selama ini orang lain omongin ke gue, jauuuuuuuh banget. Dan semejak itu penilaian gue terhadap dia pun berbeda.

********************

Sadar ga sih? Hampir kebanyakan orang menilai sesuatu cuma dari satu sisi aja. Lo tau film ultraman? Lo ga pernah tau kan kalo monster di film ultraman bener-bener jahat apa engga? Bener-bener niat ngehancurin jepang apa engga? Ya siapa tau monster itu nyasar di jepang, pengen pulang tapi ga bisa nanya siapa-siapa. Orang aja yang nyasar di tempat asing, udah gitu bahasa daerah sana beda dan ga bisa bahasa daerah sana udah pasti bingung mau ngapain, gimana monster? Kan ga ada les privat bahasa khusus monster.

Lagian, dengan ukuran badan segede itu, lo ngelangkah aja jalan udah rusak, nyenggol gedung, gedungnya langsung somplak, gue jadi ragu apakah monster itu emang niat buat ngerusak apa engga. Ditambah lagi ada ultraman yang dateng tiba-tiba langsung mukul aja, orang mah nanya dulu kek baik-baik, kan ga mikirin banget gimana perasaan itu monster.


Coba kita liat cerita di film ultraman itu dari sisi si monster. Misalnya nih, lo nyasar di Tanzania, otomatis kan lo ga bisa bahasa sana, lagi bingung mikirin caranya mau pulang tiba-tiba dateng orang sana, deketin lo terus mukul, lah kan namanya ngajakin ribut. Ya jelas aja tu monster di film ultraman ngelawan balik, orang dia ga tau apa-apa tiba-tiba dipukul, gue juga kalo jadi monsternya udah gue tampol tuh ultraman. Jadi, selama ini lo cuma tau suatu cerita itu cuma dari satu sisi aja, sisi di mana lo engga tau kalo ternyata ada sudut pandang karakter lain dari cerita itu sendiri.

Selalu ada dua sisi di dalam satu cerita. Sama kaya jalur yang baru aja gue lewatin, meskipun gue sering lewat jalur itu pas balik dari kampus, ternyata apa yang gue liat, apa yang gue rasain itu beda pas gue coba untuk pertama kalinya buat lewat dari sisi yang berlawanan arah. Hal yang selama ini gue anggep “sepele” ternyata bukan merupakan hal yang “sepele” menurut mantan gue. Hal yang selama ini lo rasain tentang diri lo, belom tentu sama kaya apa yang orang lain rasa. Pengalaman tersebut akhirnya bikin gue jadi sedikit peka apabila gue ngelakuin sesuatu yang berhubungan dengan orang lain terutama waktu gue berhadapan sama pilihan yang sulit. Kadang gue coba buat memposisikan diri gue dulu jadi orang lain sebelum gue ngelakuin hal itu, honestly… gue ga mau nyiptain karma buat diri gue sendiri.

Sial buat gue, selama ini gue pikir beberapa dari tulisan gue itu keren tapi ternyata engga… gue salah, ternyata tulisan gue semuanya keren, hahaha… engga lah (damn, I’m good). Thanks udah mau buang-buang waktu buat baca tulisan ga penting gue, sekali lagi, terima kasih.

*note: “emang bener, lo punya sebuah kehidupan yang musti lo jalanin… tapi bukan berarti itu semua tentang elo” Faishal Ismayadi, 22 tahun.

6 komentar:

  1. Yaaa, setiap orang punya perpektif berbeda memang.
    Bagaimana kita memperlakukan mereka, itu yang akan jadi penilaian mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi.
      Kadang apa yang kita kira bener, bisa jadi salah di mata orang lain.

      Hapus
  2. kehidupan itu sama kaya dua sisi koin kadang kita cuman bisa liat satu sisi tanpa bisa liat sisi yg lainnya secara bersamaan

    BalasHapus
  3. Emang gitu sih bang, gak ada kebenaran mutlak... yang ada hanya kebenaran kolak... hahahaha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah!
      Ehh... ngomongin kolak gue jadi inget kalo gue beloman buka puasa #capcusss

      Hapus