Lo orang ke-segini

Jumat, 19 Juni 2015

Maman dan Kokom

Pagi ini ga kaya pagi biasanya, bisa dibilang kalo pagi ini terjadi sebuah kejadian yang bener-bener langka yang biasanya terjadi 100 tahun sekali, yap… si maman bangun pagi… tanpa alarm, maman bangun pagi tanpa dering alarm kaya biasanya. Biasanya dia emang bangun pagi kalo ada kelas atau engga ada sesuatu penting, tapi ya itu… pake alarm, emang sih dia ada tes keperawanan jam 10, tapi itu masih besoknya lagi.

Dia duduk di pojok tempat tidur sebentar, dan ga lama dia jalan ke arah balkon. Dia duduk menghadap ke barat sambil termenung, seakan-akan lagi nungguin matahari yang sebentar lagi muncul menyinari hari, kurang kerjaan emang si maman ini dan gue ga tau apa yang lagi dipikirin si maman ini, mungkin dia berencana buat memulai perjalanan ke barat mencari kitab suci.

Khawatir bakalan terjadi sesuatu yang engga-engga, gue samperin si maman, tapi dia malah cabut entah mau ke mana, kan kampret… tapi ga lama dia dateng lagi dengan segelas kopi di tangan kanan dan bungkus rokok di tangan kiri, ga lupa koreknya juga di kantong celana sebelah kanan. Diseruputnya gelas kopi terus dibakar sebatang rokok dan ditariknya dalam-dalam, 10 menit kemudian dia hembusin asap rokok yang barusan dia tarik, dan sesi curhat pun dimulai.

Rupanya dia dua kali kebangun dari mimpi, gue ga terlalu merhatiin dia waktu dia tidur karena menurut gue itu kurang kerjaan dan gue juga lagi asik di depan laptop gue. Di mimpi yang pertama dia kebangun sambil ngigo, katanya ada kecoa yang terbang ke arahnya yang akhirnya sukses bikin dia melek, tapi gak lama dia lanjutin lagi tidurnya.

Di mimpinya yang kedua ini dia mimpiin tentang kokom, gadis smp kelas 2 yang baru aja jadi mantannya maman, kira-kira ada 1 bulan sejak mereka berpisah. Perlu diketahui, umur mereka terpaut jauh, maman adalah jejaka 29 tahun yang belum lulus-lulus kuliahnya, tapi perbedaan umur yang lumayan jauh ga jadi suatu masalah buat mereka, mereka saling melengkapi satu sama lain sampai akhirnya mereka terpisahkan.

Di dalam mimpinya maman, dia kembali bertemu kokom. Tapi menurut maman, si kokom udah banyak perubahan, udah ga kaya kokom yang dulu dia kenal, kokom udah ga ingusan lagi, idungnya lebih mancung 1 centi, tinggi badannya turun 15 centi. Tapi waktu itu kokom ga sendirian, dia ditemenin sama seorang cowok entah siapa, dan saat itu maman sadar kalo dia ternyata belum bisa ngerelain perpisahan mereka, maman coba ngomong sama kokom, ngajak buat balikan lagi… tapi ternyata ajakan maman ditolak, udah terlambat buat maman.

Dia tarik lagi sebatang rokok yang masih nyala dalam-dalam, sambil terus menatap mentari pagi seakan lagi natap sebuah layar yang sedang memutar sebuah kenangan, entah kenapa hari itu begitu biru buat maman.

Beberapa hari telah dilalui maman, dan ga sengaja dia liat sebuah notifikasi di hpnya, si kokom ganti profil picture friendsternnya pake foto baru. Di foto itu terlihat kokom sedang bersama seorang cowok, senyum lebar si kokom membuat maman kembali teringat sesuatu, layar kenangan pun kembali berputar di otak maman. Maman kepikiran buat nelpon si kokom, sesuatu yang jarang dia lakuin waktu masih jamannya mereka pacaran, bermodalkan pulsa ngutang dia memberanikan diri buat nelpon.

Sebelumnya sempat terjadi konflik antara tombol “call” dengan tombol “back”, debat yang alot cukup berlangsung lama hingga akhirnya dimenangkan oleh tombol “call”. Terjadi sebuah percakapan yang berujung pada ajakan maman untuk memulai kisah baru lagi dengan kokom yang menghasilkan konflik antara hati dengan otak, namun pada akhirnya… maman ditolak. Pada saat itu, maman ga bisa ngucapin sepatah kata pun, penyesalan ga bisa dihindarin oleh maman, muka maman basah.

Maman kembali melihat halaman profil Friendster milik kokom dan menatap foto profilnya begitu lama. Sebenernya, maman ga begitu peduli bila mana kokom bahagia sama cowok lain, tapi yang maman khawatirin adalah apa yang bakalan cowok itu lakuin ke si kokom, karena maman itu cowok dan dia tau sifat-sifat cowok itu kaya gimana, apalagi di jaman sekarang ini. Maman takut kalo si kokom salah pergaulan dan akhirnya kokom jadi cabe-cabean, maman takut.

Meskipun kokom udah mulai beranjak remaja, tapi… bagi maman, kokom tetaplah kokom kecil yang masih harus dijaga, masih harus dibimbing. Masih banyak tempat yang pengen didatengin maman sama si kokom, masih banyak dunia yang pengen ditunjukin maman ke si kokom. Sebab itulah maman banget-banget nyeselnya, tapi sekarang udah telat, maman cuma bisa ngasih pesen ke kokom… “jangan nakal”.


*note: “selagi ada yang bisa diperjuangkan, perjuangkanlah… pantas enggaknya sesuatu itu buat diperjuangin bakalan kalian tau setelahnya” maman, 29 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar