Lo orang ke-segini

Jumat, 23 Maret 2012

siapa yang tau?

Selamat pagi, siang, malem para ismayadies di mana pun kalian berada :D, kembali lagi bersama penulis blog yang paling ganteng se-seantero benua amerika waktu Indonesia barat daya. Udah lama banget gua ga update nih blog tercinta, pas gua buka nih blog udah usang banget, banyak sarang laba-labanya, malah pas gua buka salah satu tulisan gua ada anak punk lagi pada nongkrong saking ga pernah gua buka hahaha. Sebelum kalian baca, gua bakalan buka tulisan ini dengan “mungkin ini tulisan terlabil yang pernah gua tulis, ya mungkin”.
Di pagi hari di kampus gua lebih tepatnya gua duduk di sebuah warung ditemani sebuah granita dan rokok, gua ngeliatin orang berlalu-lalang, semua orang terlihat biasa aja mulai dari orang yang duduk di depan gua, ibu-ibu pemilik warung, para rider dan foot walker, tampang mereka semuanya biasa. Padahal siapa tau orang yang duduk di depan gua baru aja ditembak sama banci, siapa tau ibu-ibu pemilik warung abis kemalingan celana dalem yang lagi dijemur, siapa tau salah satu dari foot walker abis nemu hp esia ga ada batrenya di jalan dan siapa tau salah satu dari rider itu kakek buyutnya baru meninggal, siapa tau? Ya siapa yang tau?. Kaya mereka, gua juga biasa aja padahal gua lagi mikirin seseorang yang jauh di sana, dan bagi orang lain yang ngeliat gua pasti mikirnya gua biasa aja karena apapun problem yang gua dapet dunia ga akan peduli,kehidupan terus berjalan dan akan semakin berat (“life goes on, it gets so heavy” coldplay - paradise).
Di situasi yang kaya gini dengerin lagu mellow adalah combo yang sangat pas, suasana hati jadi adem, damai tapi efek sampingnya gua jadi galau, mengingat-ingat masa lalu gua sama mona bikin gua mencak-mencak diri gua sendiri, “kenapa bisa berakhir kaya gini?” Gua merenung “apa yang salah dari gua? apa yang udah gua lakuin sehingga berakhir tragis buat gua? yap tragisnya cuma buat gua” gumam gua dalem hati, di otak gua muncul kilasan-kilasan flashback kisah gua sama dia, sebuah kisah si kabayan dan nyi iteung yang gagal. “aku ga bisa ngasih apa yang selama ini kamu butuhin” kata-kata itu terus gua ulang dalam hati, sebuah kalimat yang ga pernah bisa masuk nalar gua sampe sekarang, “sebenernya apa sih sesuatu yang di maksud “apa yang selama ini kamu butuhin” yang bisa ngerusak hubungan amat dekat tanpa sebuah status ini?.
Ga nyaman juga sih, segimana besar masalah kita, orang-orang akan tetep terus berjalan. Ga ada yang bisa ngertiin meskipun gua sharing ke orang 80% jawaban mereka adalah “sabar ya, gua tau kok gimana rasanya”, sebenernya mereka ga tau,karena mereka ga sedang ada di posisi gua saat ini. Satu-satunya jalan biar gua bisa jalan lagi adalah mindahin pikiran gua tentang mona ke orang lain, tapi bener kata mcr “but the hardest part of this is leaving you”.
Gua udah pernah coba pindah ke hati orang lain, ga bertahan lama, ingatan gua kembali ke mona. Gua belom cukup kuat buat pindah ke hati lain. Gua kembali flashback ke waktu dimana untuk pertama dan terakhir kalinya kita nonton di bioskop, sebelum film mulai kita duduk di bangku yang ada di luar bioskop, banyak orang di sekitar kita tapi dunia masih milik kita berdua waktu itu, waktu lagi asik ngobrol ngalor-ngidul wetan-kulon tenggara barat daya gua dikejutkan dengan sebuah pertanyaan, “kamu ga apa-apa kaya gini?” gua berusaha mencerna maksud dari pertanyaan itu “ga mau cari cewek lain?” Tanya mona, “maksudnya?” Tanya gua yang masih belum ngerti apa maksudnya, “kamu ga apa-apa terus-terusan status yang ga jelas sama aku?” tanyanya kembali, gua senyum dan dengan mencoba pasang tampang yang cool eh malah jadi tampang orang ga B.A.B 3 tahun gua jawab “meskipun ga jelas tapi sampe kapan pun aku bakalan terus kaya gini, aku mau kok nungguin kamu sampe kapan pun” sambil gua colek idungnya, dia senyum (“never planned that one day I’d be losing you” katy perry – the one that got a way).
Yang paling gua sesalin sampe sekarang, ketika kita masuk dan filmnya mulai gua terlalu fokus sama filmnya, obrolan mona gua tanggepin dengan biasa aja sampe-sampe dia bilang “bĂȘte nih ngeliat filmnya, mendingan ngeliat kamu deh biar ga bĂȘte” gua cuma senyum dan malah serius nonton film, bego? Iya mungkin gua adalah orang ter-idiot sepanjang masa. Di tengah-tengah film gua dan mona saling memandang, wajah kita sangat amat deket,dia memandang gua dengan tatapan manjanya yang sampe sekarang masih ada di otak gua, di bioskop yang redup ini gua masih bisa ngeliat manisnya wajahnya dan gua cuma bisa bilang “sumpah ini cewek manis banget” dalam hati gua. kalo aja gua berani cium dia pada saat itu kemungkinannya ada 2, gua bakalan keluar bioskop dengan muka merah sebelah bekas tamparan dia atau kisah kita akan berbeda dengan yang sekarang. Sejak saat itu gua merasa jadi orang ter-idiot sepanjang masa.
Terlepas dari itu, sampe detik ini gua masih berusaha mencari sebuah rumah untuk hati gua yang kesepian, kali ini gua ga bakal sia-siain kaya mantan gua. dulu gua selalu ngebandingin mantan gua sama mona, gua sadar gua ga bakalan pernah dapet orang yang sesuai sama keinginan gua, kalo ada mungkin itu sebuah robot yang gua ciptain sendiri, yap di dunia ini ga ada yang selalu sesuai dengan ke inginan kita, bukan cuma gua doang.
Masalahnya adalah bagaimana caranya gua memulai sesuatu yang di sebut dengan PDKT? Waktu gua sama mona itu masih di lingkungan sekolah, ruang lingkupnya masih cukup sempit dan agak mudah buat cari pacar, dan memulai PDKT juga masih gampang, karena dulu lagi booming-boomingnya facebook, gua memulai dengan like statusnya setiap dia update, lama-lama wall-wallan dan berlanjut ke sms, buat sekarang? Di mana facebook mulai ditinggalin masa iya gua harus nyari cewek yang kejaannya tiap hari update status di facebook? Hard to find. Dan waktu PDKT ke mantan gua juga masih enak, dia temen les gua, ruang lingkupnya lebih kecil lagi. Lalu gimana kalo di kampus? Ruang lingkupnya terlalu luas, di kelas aja? Ah gua ga punya sejarah bagus sama cinta lokasi, semuanya gagal. Mungkin bagi orang lain berkenalan dengan stranger itu mudah, bisa kenalan langsung maupun lewat social media jaman sekarang, tapi buat gua, sulit, sangat sulit.
Kadang kalo dengerin cerita temen-temen gua tentang pacar maupun gebetannya gua suka iri. gua iri sama temen gua di kampus namanya satria, umurnya beberapa tahun di atas gua, meskipun dia lebih jelek dari gua paling ngga dia punya cewek, bukan cuma sekedar cewek tapi tunangan dan gua? mencoba tenangin diri gua sendiri dengan bilang “gua masih muda, masih punya banyak waktu buat cari pacar” sampah banget emang, but someday i will.
Gua udah denger cerita temen-temen gua yang punya pacar, dari yang awet sampe yang singkat, dari yang udah kacau banget pacarannya sampe yang pegangan tangan pas lagi jalan aja belom pernah. Gua ga ngerti apa tujuan mereka pacaran, apa mereka nganggap pacaran cuma buat muasin nafsu secara individual maupun sesama, atau mungkin cuma karena gengsi ga mau dibilang jomblo, atau mereka memang punya perasaan menyayangi, perhatian berlebih yang dituangkan ketika berpacaran? Gua ga ngerti. Waktu dengerin temen gua yang cerita udah “sampe megang-megang” gua cuma bilang “gua ga bakalan kaya gitu” dalam hati, “apa sih tujuan kalian berpacaran?” , “kalian nganggep pacar itu sebagai apa?” suatu saat gua bakalan nanya hal itu ke orang yang punya pacar, kalo gua pengennya sih nganggep pacar itu sebagai pendorong, pemberi suntikan moril, yap pengennya, mungkin gua bisa bilang kaya gitu karena gua belom pernah berstatus pacaran dalam arti saling cinta, sayang dan perhatian, bisa jadi pas gua punya pacar yang bener-bener serius buat pacaran gua jadi cowok yang suka “ngejamah”, bisa jadi juga gua kaya temen gua yang jalan berdua aja ga pernah pegangan tangan, bisa jadi….. siapa yang bakalan tau gua bakalan kaya gimana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar