Lo orang ke-segini

Minggu, 31 Agustus 2014

Move on: Merelakan

Beberapa waktu yang lalu gue dapet sms dari kenalan gue, dia buka pembicaraan dengan emot nangis, “kenapa lo?” bales gue, dia bilang baru aja diputusin sama cowoknya terus cowoknya yang which is udah jadi mantannya jadian sama temennya “gue masih sayang sama dia, gue harus gimana?” katanya, gue termenung “wahai semesta, kenapa tetiba ada yang curhat di siang bolong gini? Kenapaaaaa?”, perlu waktu lama untuk gue buat bales sms, karena di saat itu juga gue lagi main fifa 14 di rumah temen gue. Jujur, gue ini pendengar yang baik… tapi bukan pemberi solusi yang baik. Ketika orang curhat, gue bakalan berusaha sekonsentrasi mungkin sama apa yang orang curhatin, tapi ketika muncul pertanyaan “gue harus ngapain?” gue bingung harus ngomong apa. Oke, balik lagi ke sms, gue scroll ke atas-atas, gue coba baca ulang percakapan kita dan gue coba buat nempatin diri gue di posisi dia, “hmmm… diputusin pas masih sayang ya?” gue jadi inget, gue pernah diputus(tanpa hubungan)-in waktu masih sayang sama orang, dan waktu itu gue engga ngelakuin apa-apa… selain nyesel sambil nangis.

“Oke tenang, gue juga udah pernah diputusin pas masih sayang, yang musti lo lakuin adalah… nothing, lo ga harus ngelakuin apa-apa, semoga lekas bahagia ” gue berpikir ulang buat ngirim sms ini, “hmm… apa ya?” “oh iya! Relain!” otak jenius gue baru nemuin solusi buat orang-orang yang baru aja putus, lantas gue apus sms yang baru mau gue kirim barusan dan gue ganti sama “yaudah, relain aja, simple kan?” send! Dari sini aja udah keliatan kalo gue orang yang dongo, ga lama ada pesan baru dari dia “udah gitu aja? Tapi kan gue masih sayang banget sama dia”, keliatan banget kalo dia engga puas sama solusi gue, gue makin bingung harus ngapain, gue bales “ya mau gimana lagi, udah putus”, sekali lagi, ketauan banget kalo gue itu dongo. Ngehibur cewek yang lagi galau itu susah… menurut gue, ketika cewek galau dan gue berusaha buat ngehibur, gue selalu berhadapan sama dua pilihan, dibilang sok tau sama dibilang brengsek.

Misalnya gini, ada cewek yang ngegepin cowoknya jalan sama cewek lain, dia curhat ke gue, ketika dalam situasi gini ada dua opsi yang ada di otak gue, yaitu bertahan sama putus. Gue kasih dia opsi buat pertahanin hubungannya, “lo jangan ngjudge dia selingkuh dulu, positive thinking aja, kali aja itu sodaranya” kata gue bijak, “lo tuh ya! Lo engga tau apa yang gue rasain! Emang lo pernah mergokin cewek lo jalan sama cowok lain? Engga kan!? Hah!?” gue dibentak, plus dibilang sok tau. Gue kasih dia opsi buat putus “udah lah putus aja, perasaan orang udah ga bisa dibilang cinta lagi kalo dia terus-terusan nyakitin lo” bijak banget gue, “lo kok gitu sih nyuruh gue putus!? Lo mau ngancurin hubungan gue!? Brengsek lo!” PLAK! Gue digampar, plus dibilang brengsek.

Beda banget gitu kalo misalnya ngehibur cowok, gue ngeliat temen gue seharian bengong aja di kampus, dari tampangnya sih kaya baru aja diputusin setengah jam yang lalu. Gue samperin dia, “kenapa bro?” Tanya gue, “…” dia diem “cewek?” dia ngangguk, “beer?” Tanya gue lagi, dia nyengir. See? Gampang banget ngehibur cowok, meskipun besoknya dia keingetan mantannya dan nangis seharian.

Ngerelain orang yang kita sayang pergi dari kehidupan sehari-hari kita itu wajib, ya… emang sih ga gampang, tapi seiring berjalannya waktu, lo pasti bakalan perlahan ngerelain dia, mangkannya kan ada pepatah bilang “time heals” yap! Waktu bakalan nyembuhin. Harus gue akuin, gue perlu bertahun-tahun buat bisa ngerelain mona, mungkin banyak yang ga percaya kalo gue udah bisa ngerelain dia karena sampe sekarang gue belom punya pacar, ayolah geng… punya pacar baru bukan jadi bukti juga kalo kita udah lepas dari masa lalu, banyak kok orang yang udah punya pacar tapi masih belum bisa lepas dari ruang nostalgia mantan #AihSedapMantap, banyak…. Banget malah. Meskipun suatu saat nanti, entah kapan, misalnya ini juga, kalo mona mau memulai hubungan baru lagi sama gue, gue ga bakalan mikir dua kali buat….. nerima ajakan dia, tapi yang pasti gue ga bakalan lagi mau nunggu dan ngarep hal itu bakalan terjadi.

Berdasarkan pengalaman gue, banyak banget waktu yang bakalan terbuang percuma ketika lo masih ngarep sama dia, padahal waktu yang tersia-siakan itu bisa lo gunain buat bertemu sama orang-orang yang bisa bikin lo lupa sama dia, bisa jadi ketika lo lagi bengong mikirin dia seharusnya lo lagi dipertemukan sama jodoh lo di suatu tempat sama semesta, bisa jadi juga ketika lo lagi bengong mikirin dia, ada seseorang yang berusaha buat masuk ke kehidupan lo, tapi karena lo terlalu fokus berharap sama dia, lo engga sadar hal itu terjadi.
So, tunggu apa lagi? Engga harus buru-buru punya pacar, yang terpenting itu buat diri lo senyaman mungkin jalanin hari-hari lo, gue jamin perlahan lo bakalan tau apa maksud dari “merelakan”. Shit happens but life still go on right?


*note: yang terpenting bukan bagaimana cara menyembuhkan luka, tapi bagai mana cara agar tidak ada luka yang baru ditempat yang sama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar