Lo orang ke-segini

Rabu, 05 Februari 2014

Tanda-tanda Kita Bukan Anak Kecil Lagi

Yow! Masih sama blogger yang sampe sekarang suka ngaku-ngaku jadi orang paling keren se akhirat, yaitu Muhammad Faishal Ismayadi! .
Kali ini gue bakalan ngebahas tentang tanda-tanda kita bukan anak kecil lagi diliat dari perlakuan orang lain ke kita. Sebelumnya gue pengen curhat dulu kenapa gue bisa kepikiran buat nulis hal ini. Gue dapet ide buat nulis ini waktu gue dapet undangan perkawina…. Eh salah, maksud gue pernikahan karena menurut KBBI kawin adalah bikin anak, agak sedikit ganjil kalo ngebayangin temen gue tiba-tiba nyamperin gue terus bilang “sal, gue mau bikin anak nih tanggal segini, lo dateng ye?” yang gue ga habis pikir adalah, kenapa harus gue? Apa muka gue unyu kaya gue pantes jadi sutradara film porno? Lawan main temen gue ini cewek apa cowok? Oke skip. Seketika gue jadi inget masa kecil gue, masih suka kelayapan di siang bolong sampe kulit gue jadi warna hitam metalik gini, masih suka ngejar layangan putus dan ga pernah dapet, miris emang, isal kecil ngejar layangan putus ga pernah dapet, isal yang remaja pun ngejar-ngejar cewek yang udah putus sama cowoknya ga pernah dapet T_T. Lingkungan tempat tinggal gue pun udah banyak berubah seiring berjalannya waktu, udah sedikit tempat main buat anak-anak kecil, dan seketika itu gue liat ktp gue “damn! Umur gue 20 tahun”.
Yups karena itu gue dapet ide buat bikin tanda-tanda kita bukan anak kecil lagi diliat dari perlakuan orang lain ke kita, panjang banget emang judulnya, gue yakin kalo ini dijadiin bahan thesis orang, sampe tahun naga di iklan susu bear brand pun ga bakalan diacc.
Langsung aja, berikut ini tanda-tanda kita bukan anak kecil lagi diliat dari perlakuan orang lain ke kita menurut gue (nah nambah lagi kan dua kata):
1. Ketika cukur rambut
Khusus buat para cowok nih, terlebih yang suka cukur rambut di tempat cukur yang tarifnya cebanan. Ini tanda-tanda kalo kita anak kecil apa bukan yang paling gampang menurut gue . Buat lo yang suka cukur di tempat kaya gini udah pasti bakalan ngeliat kertas atau apalah yang tulisannya “dewasa 10 ribu, anak-anak 8 ribu”, kenapa gue bisa bilang “udah pasti bakalan ngeliat”? Yoi man! Setelah gue ngelakuin survey di dua tempat yang berbeda, gue nemuin tulisan kaya gitu. Terakhir kali gue bayar pake tarif anak kecil pas waktu gue smp, mungkin kelas 2, dan waktu pertama kali gue bayar pake tarif dewasa detik itu juga gue percaya kalo gue udah dewasa. So buat lo yang masih ragu kalo lo udah dewasa apa belum, lo dateng ke tukang cukur terdekat kesayangan lo, lo cukur rambut, lo tanya “bang, berapa?” simple banget emang.
2. Ketika lo udah engga dapet undangan pesta ulang tahun temen lo
Undangan pesta ulang tahun masih gue dapet sampe gue lulus sd, yup! Gue masuk smp udah engga dapet amplop kecil berisi kertas dengan cover Barbie/power ranger kaya gitu lagi engga tau kenapa, mungkin engga ada stock kartu undangan ultah yang covernya pemain sepak bola atau band-band metal gue juga engga tau, oleh karena itu kartu undangan ultah engga diminati sama remaja kaya kita. Sampe ketika gue sadar, gue belom pernah sama sekali liat orang tua gue, om gue, bibi gue, kakek nenek gue dapet amplop kecil berisi kartu undangan ulang tahun temennya. Coba lo bayangin, lo lagi nyantai di teras terus ada orang ngasih amplop, lo buka isinya ada kartu yang covernya tokoh kartun yang popular pada jaman orang tua lo dan isinya “untuk bapak bla bla bla, masih inget aku kan? Jangan lupa ya dateng ke rumah ku tanggal sekian pada pukul sekian, akan diadakan pesta ulang tahun. Jangan lupa bawa kado yach! Ps: dengan kekuatan cinta, aku akan menghukum mu”. Mature man never send something like that (sumber dari google translate)
3. Ketika lo dapet undangan pernikahan atas nama lo sendiri
Orang dewasa emang engga ngirim undangan pesta ulang tahun, sebagai gantinya mereka ngirim undangan pernikahan. Pertama kali gue dapet undangan pernikahan itu atas nama tim futsal rumah gue, sedangkan temen gue yang umurnya jauh di atas gue dapet undangan atas namanya sendiri. Dapet undangan pernikahan emang bukan tanda kalo lo udah bukan anak kecil lagi, kecuali undangan itu atas nama lo. Why? Menurut teori gue, itu karena lo belom dianggap sebagai bagian dari perkumpulan orang-orang dewasa bagi mereka, lo cuma sebagai pelengkap aja, tapi tenang, ada sisi positifnya, lo ga bakalan ketauan kalo lo nyumbang amplopnya cuma seadanya. Pertama kali gue dapet undangan pernikahan atas nama gue sendiri gue ngedumel dalam hati “sial, masa remaja gue udah abis”.
4. Ketika kumpul keluarga besar
Setiap lebaran gue pasti pulang ke kampung orang tua gue, kumpul sama keluarga besar. Dan beberapa dari saudara gue udah ada yang nikah, dan gue seneng banget denger berita tentang kelahiran keponakan-keponakan gue yang unyu-unyu itu, apa lagi pas liat foto-foto yang dikirim. Dan ternyata, kebahagiaan gue cuma sampe situ doang. Setelah beberapa tahun kedepan semejak kelahiran keponakan-keponakan gue, beberapa dari mereka ada yang udah pinter ngomong, baca dan bahkan ada yang minta mama baru keluarga besar kumpul lagi di hari lebaran dan petaka dimulai. Selesai solat ied gue buru-buru cabut ke rumah nenek gue buat muasin rasa laper perut gue yang udah dipuasain selama 3 jam, waktu gue lagi makan asik-asik saudara gue dateng bawa anaknya, yup! Keponakan gue yang unyu itu, terus saudara gue bilang “ka, teteh lagi sibuk ngurusin tamu, tolong jagain ya sebentar” oke, ga masalah, ga ada tanda-tanda petaka bakalan dateng sampe “tuh, sana gih main sama om isal” kata saudara gue. Gue terenyuh, otak gue mencari arti kata “om” dan “om” yang ada di benak gue adalah pria berumur 40-an bertubuh tambun, berkumis lebat, berkepala botak di depan dan selalu ngedipin sebelah matanya tiap ada cewek lewat, sedangkan gue, remaja langsing, berwajah unyu percis keponakan gue dan dengan polosnya keponakan gue bilang “om ical!”. Aaaaaah… gue udah bukan anak kecil lagi, gue udah jadi om-om *nangis di pojokan jamban*
5. Ketika temen lo minta lo nemenin dia ke toilet
Yang ini adalah hasil dari survey dan pantauan gue ke keponakan-keponakan dan sepupu-sepupu gue yang umurnya jauh di bawah gue. Gue udah cerita di atas, kalo tiap lebaran kita kumpul sama keluarga besar dan gue selalu mantau kegiatan keponakan/sepupu gue yang masih kecil-kecil dan salah satunya adalah ke toilet. Tiap mereka ke toilet selalu minta ditemenin, dan yang diminta buat nemenin adalah orang tuanya yang notabene udah dewasa, so yang tiap minta ditemenin kalo ke toilet = anak kecil dan yang dimintain buat nemenin = udah dewasa. Waktu gue sma sama di kampus, gue sering dimintain buat nemenin temen gue ke toilet, yang jadi pertanyaan, “kenapa harus gue yang diminta temenin dia?” dan “kenapa gue mau nemenin dia?” entahlah, gue selalu mau nemenin orang ke toilet apalagi ke toilet cewek, hobi yang ajaib bukan? Mungkin kalo gue ngebuka jasa buat nemenin orang ke toilet dan masang tarif 500 ribu sekali jalan, gue udah jadi orang kaya sekaligus paling dibenci di dunia. Jadi, kalo temen lo minta lo buat nemenin dia ke toilet itu berarti lo udah bukan anak kecil lagi, karena berasal dari pantauan gue, yang tiap minta ditemenin kalo ke toilet = anak kecil dan yang dimintain buat nemenin = udah dewasa.

Mungkin segitu aja tanda-tanda kalo kita bukan anak kecil lagi menurut gue, ada yang mau protes? Gak boleh tentunya. Ada yang mau nambahin? Boleh pastinya. Ada yang mau jadi pacar gue? Boleh pake banget banget, gue udah usaha lama bingits keles tetep aja ga dapet. Dah ah dari pada makin curhat mending close aja browsernya. Oh iya, satu lagi, gue serius mau buat jasa nemenin ke toilet dan masang tarif 500 ribu sekali jalan.
Ps: anak kecil atau bukan, dewasa atau bukan tetep sayangi orang tua kalian – hamba allah, yang nulis semua tulisan di blog ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar